Manajemen Sistem ISO 9001 : 2008
ISO 9001:2008 adalah suatu
standart internasional yang ada dimana kualitas ISO 9001:2008 menetapkan
persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari perlu
untuk dikonsultasikan oleh perusahaan. ISO 9001:2008 bukan merupakan standart
produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi
oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standart
sistem manajemen kualitas. Diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu perusahaan
memiliki kualitas internasional dan berkualitas baik (standart). Consultant ISO
akan membantu perusahaan untuk mewujudkan standart ini.
Keuntungan menerapkan ISO 9001 bagi perusahaan :
- Standar perusahaan terdokumentasi
- Hubungan antar proses jelas
- Bahan pelatihan bagi karyawan baru
- Ketersediaan data semua proses penting
- Mendorong keputusan faktual
- Memudahkan identifikasi peluang untuk perbaikan/improvement
- Mendorong keputusan faktual
- Memudahkan identifikasi peluang untuk perbaikan/improvement
- Mengutamakan pencegahan
dibandingkan perbaikan
- Mengefisienkan cost center
- Mengoptimalkan profit center
- Meningkatkan kinerja karyawan & perusahaan.
- Mengefisienkan cost center
- Mengoptimalkan profit center
- Meningkatkan kinerja karyawan & perusahaan.
Sistem
manajemen ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan
praktek - praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin
kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan
atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut
ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi. Konsultan ISO
akan memberikan training dan pelatihan untuk implementasinya sehingga dengan
sistem manajemen ini diharapkan pelanggan akan terpuaskan.
Manfaat penerapan ISO 9001:2008 adalah :
• Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
• Jaminan Kualitas Produk dan Proses
• Meningkatkan Produktivitas perusahaan & "market gain”
• Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan
• Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan
• Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
• Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk
• Meningkatkan komunikasi internal
• Meningkatkan image positif perusahaan
• Sistem terdokumentasi
• Media untuk Pelatihan dan Pendidikan.
ISO9001:2008 berisi standart / elemen yang memungkinkan organisasi /
industri dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan (Continual Improvement)
pada:
1. Proses yang terkait dengan pelangan
2. Sistem Kepemimpinan / Leadership
3. Manajemen sumber daya
4. Perbaikan dan peningkatan proses
5. Sistem manajemen
6. Sistem perbaikan yang berkesinambungan
7. Pengambilan keputusan yang Faktual
8. Hubungan saling menguntungkan dengan pemasok
Call us : 021-33000177 /
0818-0632 3270 or mail to : anti@sienconsultant.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar